2.4 KODE PERILAKU KORPORASI (Code of Conduct)
Code of Conduct adalah
pedoman internal perusahaan yang berisikan Sistem Nilai, Etika Bisnis, Etika
Kerja, Komitmen, serta penegakan terhadap peraturan-peraturan perusahaan bagi
individu dalam menjalankan bisnis, dan aktivitas lainnya serta berinteraksi
dengan stakeholders.
Setiap perusahaan
memiliki kode etik korporasi yang berbeda-beda, seperti pertamina yang memiliki
Kode Etik Korporasi yang bersumber dari Tata Nilai Unggulan 6C (Clean,
Competitive, Confident, Customer Focused,
Commercial dan Capable). Rincian singkatnya sebagai berikut:
- Clean:Perusahaan dikelola secara professional
dengan:
Menghindari benturan kepentingan
Tidak mentolerir suap
Menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas; serta
Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
- Competitive: Mampu berkompetisi dalam skala
regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi,
membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
- Confident: Berperan dalam pembangunan
ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN dan membangun
kebanggaan bangsa.
- Customer Focused: Berorientasi pada
kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik
kepada pelanggan.
- Commercial: Menciptakan nilai tambah dengan
orientasi komersial dan mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip
bisnis yang sehat.
- Capable: Dikelola oleh pemimpin dan pekerja
professional yang memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi,
berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.
Sumber :
http://yonayoa.blogspot.co.id/2012/10/etika-governance_20.html
https://rezqyputri19.wordpress.com/2015/10/14/etika-governance/
Comments
Post a Comment